Jual Beli Rumah, Tanah, Ruko Di Medan Sumatera Utara

flamboyan suite rumah minimalis tropis 500 jutaan di simpang pemda ring road medan

Promo

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday, July 19, 2019

Inilah Cara Mudah Mencicil Rumah Idaman Dengan Gaji 6 Jutaan Per Bulan

Inilah Cara Mudah Mencicil Rumah Idaman Dengan Gaji 6 Jutaan Per Bulan

Cicil rumah dengan gaji Rp 6 juta bukan suatu hal yang tidak mungkin. Apalagi jika melakukannya sejak usia masih muda dan produktif. Sebab sebelum berkeluarga justru memudahkan Anda membayar angsuran tanpa dibebani keperluan bulanan yang lumayan menguras penghasilan.

Jika saat ini gaji Anda di kisaran Rp 6 juta, tak perlu khawatir akan sulit memiliki rumah idaman. Pasalnya ada banyak pilihan rumah Rp 300 jutaan yang bisa menjadi incaran.

Akan tetapi, hindari memilih rumah subsidi, sebab saat ini pendapatan sudah melebihi persyaratan yang ditetapkan. Simak strategi membeli rumah dengan gaji Rp 6 juta berikut ini.

1. Menghitung pengeluaran bulanan

Metode pembelian rumah lewat pembiayaan bank atau KPR bisa jadi pilihan Anda memiliki rumah. Anda bisa mendapat pinjaman KPR bank jika besar cicilan maksimal sepertiga dari penghasilan rutin.

Semisal gaji Anda Rp 6 juta per bulan, maka kemampuan cicilan bulanan Anda maksimal adalah Rp 2,7 juta. Atau cari beberapa bank yang memperbolehkan Anda mencicil maksimal Rp3 juta per bulan.
Dari angka tersebut, maka Anda harus menghitung dengan cermat besar pengeluaran rutin setiap bulan. Jangan sampai melebihi angka Rp 2,7 juta per bulan, supaya ke depannya tidak merasa berat ketika membayar angsuran.

Salah satu aspek yang wajib diperhatikan ketika akan mencicil rumah adalah memahami cara menghitung bunga KPR.

2. Menyiapkan uang muka

Sejak Agustus 2018, Bank Indonesia bahkan telah menetapkan besaran uang muka bisa sampai 0% dari harga rumah atau beli rumah tanpa DP. Tetapi hal ini kembali lagi ke kebijakan masing-masing perbankan berdasarkan profil calon nasabah.

Untuk itu, supaya aman siapkan uang muka kira-kira Rp 30 juta sebelum mengajukan permohonan KPR. Meski demikian, tetapkan target tabungan yang lebih tinggi, sekitar Rp 50 juta untuk menutup biaya ekstra yang diperlukan ketika KPR Anda disetujui.



Perlu diingat bahwa semakin besar uang muka, maka beban cicilan Anda akan lebih ringan. Sebagai tips, uang Rp 50 juta bisa Anda kumpulkan dalam waktu dua tahun dengan menabung setidaknya Rp 2 juta perbulan. Tidak sulit, bukan?
Jika Anda benar-benar serius mengumpulkan uang dalam jumlah besar untuk DP rumah, maka Anda perlu meningkatkan jumlah pendapatan atau memotong beberapa pengeluaran yang dirasa bukan pengeluaran wajib.

Walaupun akan terasa memberatkan, namun Anda akan menjadi lebih kreatif dalam menghabiskan waktu yang menyenangkan tanpa harus menghabiskan uang.

3. Mencari rumah idaman

Saatnya berburu rumah dengan harga di kisaran Rp 300 jutaan. Pilih rumah dengan lokasi strategis, fasilitas lengkap, dan akses yang dekat dari transportasi publik.
Selain itu, pastikan juga harga rumah yang diincar tidak terlampau mahal dibanding tetangganya. Apalagi jika konsep dan desain yang ditawarkan hampir serupa.

Jika sudah menemukan rumah minimalis yang cocok, segera ajukan kredit pemilikan rumah ke bank. Jangan takut terbebani dengan utang, justru ini jurus utama Anda jika ingin segera memiliki rumah.

Pilih bank yang memberikan banyak keuntungan dan manfaat sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.


agen properti jual beli rumah tanah kavling ruko apartemen kost di medan sumatera utara




No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages